Halaman

Selasa, 09 Juli 2019

Ngomongin Film : Krasue - Inhuman Kiss 2019


Urband legend yang sangat terkenal di indonesia salah terutama yang tinggal di pedalaman adalah kuyang. Ini adalah jenis hantu atau sosok mistis yang berasal dari Kalimantan, katanya. Dulu waktu gue masih kuliah di Balikpapan, which is Kalimantan Timur, gua sering denger tuh temen-temen dan ibu kos ngomongin tentang kuyang. Padahal sih sudah agak jarang juga kuyang kalau di daerah perkotaan yang besar seperti Balikpapan itu. Nah, film yang mau gue review kali ini adalah film berasal dari Thailand. Judulnya Krasue - Inhuman Kiss.

Krasue itu apa sih? Kok bentuknya sama seperti kuyang?

Ya memang krasue itu kuyang! Cuma bedanya karena itu di Thailand, mereka menyebut makhluk itu sebagai krasue. Dulu banget waktu jaman SD, gua pernah nonton film legenda urban nya Thailand juga yang menceritakan tentang kuyang. Tapi wujud krasue nya masih bentuk yang lama. Kepala melayang dan di bawahnya jantung, usus, paru-paru bergelantungan. Kalau film krasue yang gue tonton ini sepertinya sudah mengalami modernisasi bentuk. Karena yang gua lihat sih, krasue nya menyala merah dan hanya ada jantung saja, ditambah tentakel sebagai ganti tangan.

Sebagai pendahuluan gua kasih tahu dulu secara singkat ya apa itu kuyang/krasue. Krasue adalah makhluk halus yang berwujud kepala melayang dengan beberapa organ yang juga ikut terbang, ketika malam hari krasue akan lepas dari tubuh inangnya yang biasanya berwujud wanita cantik. Pada siang/pagi hari krasue akan membaur dan hidup bersama dengan orang lain. Tetapi pada malam hari, untuk memberi makan krasue, maka ia harus keluar dan berburu makanan berupa darah dan organ dalam jantung binatang. Itu yang gua dapat dari penjabaran film ini ya. Kalau kalian dapat informasi yang berbeda, silahkan komentar.

Latar film ini adalah zaman perang yang mana berarti kecanggihan yang sekarang kita rasakan ini belum ada. Menceritakan tentang desa yang tenang, desa dipenuhi dengan kegembiraan dan keharmonisan tiba-tiba didatangi segerombol pemburu yang mengatakan bahwa di desa tersebut ada krasue. Krasue itu memakan dan membunuh hewan ternak, dianggap berbahaya bagi keselamatan warga desa.

Jerd, Sai, dan Noi adalah sahabat yang sedari kecil sudah kemana-mana bersama. Tapi yang namanya pertemanan lawan jenis pastinya ada benih-benih cinta. Jerd dan Noi sama-sama menyukai Sai. Kebetulan Sai adalah anak dari kepala desa. Jadi ibaratnya Sai ini adalah kembang desa gitu lah. Sai dan Noi sama-sama memiliki ketertarikan pada dunia kesehatan. Noi dan Sai sering mengobati warga desa yang datang ke klinik dan membutuhkan pertolongan, maka mereka akan dengan senang hati menolong. Sedangkan Jerd ini sepertinya ketertarikan nya ada pada bertarung gitu lah. 

Suatu malam, kerbau milik warga desa ada yang mati dengan usus terburai. Para pemburu yang bermalam di sekitar desa pun langsung menyimpulkan bahwa itu adalah ulah dari krasue. Pimpinan pemburu bernama Tad menunjukkan tengkorak krasue-krasue yang telah dibunuh. Warga desa merasa ngeri dan memperbolehkan perburuan dilakukan setiap malam. Jerd dengan sukarela ikut menjadi salah satu anggota pemburu.

Sedikit flashback, Sai terbangun dari tidur nya dan mendapati kasurnya berlumuran darah. Sai berusaha mengingat-ingat apa yang terjadi malam itu, dan ia tahu bahwa ternyata dirinya adalah krasue. Panik tapi tidak tahu harus berbuat apa. Sai mendapati kerbau tetangganya mati dan melihat Jerd ikut menjadi tim pemburu membuat Sai merasa agak kesal dengan keputusan Jerd, karena secara tidak langsung berarti Jerd akan memburunya.

Malam berikutnya Noi sedang pergi mencari tanaman herbal. Saat sedang sibuk mencari, tiba-tiba ada cahaya merah dan Noi mengikutinya. Dia mengikuti krasue itu masuk ke dalam kamar Sai. Dan alangkah kagetnya ketika krasue itu menyatu dengan Sai. Akhirnya Noi pergi melarikan diri sementara Sai yang terciduk Noi pun merasa sedih. 

Namun pada akhirnya, Noi kembali ke desa dan memutuskan untuk membantu Sai mengobati kutukan itu. Berbagai cara dilakukan untuk menemukan obat dan penangkal. Setiap malam, Sai mengunci kamarnya, mengunci jendelanya dan hanya membiarkan lubang kecil di lantai bawah kasur untuk jalan masuk ayam atau daging yang sengaja dibawakan Noi. Karena bagaimana pun krasue itu harus diberi makan kalau tidak ingin memaksa keluar.

Seperti itu lah plot nya ya, gua tidak akan membeberkan semuanya karena nanti kalian malah nggak nonton film nya lagi! 

Film ini sangat gua rekomendasikan untuk kalian yang sedang mencari hiburan ringan dengan kisah legenda urban. Kalau gua sih sangat menyukai legenda urban seperti ini. Eh tapi gua mau memberikan penjelasan lain. Di film ini, diceritakan bukan hanya ada satu makhluk halus, melainkan dua. Dan it supposed to be mate. Krasue untuk hantu wanitanya, dan Krahang untuk hantu pria nya. Nah diantara Jerd dan Noi ada yang akan menjadi krahang.

Krahang dan krasue ini adalah penyihir yang ibarat katanya sihir mereka gagal dan mbalik ke diri mereka sendiri. Krasue teryata menyukai manusia dan hamil. Karena dendam, krahang ini memburu manusia itu dan membunuh krasue dengan cara menghancurkan jantungnya. Karena seorang manusia yang sudah berciuman dengan krasue, jantungnya itu ibarat kata menjadi satu. Si pria akan merasa kesakitan setiap kali krasue akan berubah wujud. Itu lah sebabnya hingga saat ini, krahang akan otomatis bernapsu untuk membunuh krasue karena dendam nenek moyang nya. 

gila sih. ngeri sih.

Dalam film ini kita akan tahu bahwa cinta itu tragis. Bukan hanya kisah Romeo dan Juliet saja, tetapi di luar sana masih banyak kisah yang mungkin tidak tertuliskan dan itu lebih tragis. Kesan horor dan thiller dari film ini muncul ketika adegan cabik mencabik daging yang dilakukan oleh krahang dalam perburuan kuyang nya. Kengerian itu ditambah dengan imajinasi gua yang membayangkan di era itu, di era yang apa-apa harus dicari.. dan suasana desa yang sangat sepi, kita harus berjejeran langsung dengan kekacauan krasue dan krahang. 

Adegan paling ngena menurut gua adalah ketika orang tua Sai yang tidak tahu kalau dia adalah krasue akhirnya membela dan mencoba mencegah semua penduduk desa untuk menghancurkan tubuhnya yang terpisah dari kepala. Ibunya yang tidak bersenjata akhirnya mengambil sebalok kayu dan mengayunkan nya ke arah warga. Padahal tubuh Sai waktu itu jelas-jelas sudah tersayat dan tertusuk benda tajam. Bukan begitu cara membunuh krasue! itu sama saja dengan menjadikan orang itu cacat, bodoh! begitu jerit gua dalam hati. Sumpah ini gua nangis.



2 komentar:

  1. Maaf kak ibu sai sudah meninggal, saat itu yg duduk disamping sai adalah sahabat perempuannya

    BalasHapus

TERIMAKASIH THANKS AND GOMAWO

Diagnosa yang terlalu dini, Alzeimer?

Hi guys~ Selamat datang kembali ke blog amatir ini. Terimakasih sudah meluangkan waktu kalian untuk bergabung dengan gue disini, menuli...