Halaman

Senin, 24 Juli 2023

Anti-ti-ti-ti Banyu!

Seminggu ini aku banyak pikiran. Ditambah dengan kejadian tiba-tiba yang membuat pusing. Ini semua dimulai pada dua minggu yang lalu saat aku berenang sambil membawa gawai. My gawai is Samsung A52 yang digadang-gadang tahan air. Bahkan waktu masih awal-awal aku bisa mengambil foto underwater dan setelahnya baik-baik saja berfungsi seperti semula. Tapi hal dongo terjadi kemarin saat aku membiarkan my sams (panggilan sayang) dihujani air dari langit. 

Kupikir semua akan baik-baik saja karena kuyakin my sams tahan air IP 67. Tapi tidak bestie 😓. Setelah sampai rumah my sams mulai rewel dan minta untuk dikeringkan. Aku berusaha menggunakan cara tradisional dengan mengubur my sams ke dalam beras. dan setelah semalaman akhirnya dia bisa menyala lagi. 

Tapi masalah utama nya baru muncul tiga hari kemudian. Layar my sams menjadi hijau dan tidak jelas. Dahlah daripada mundhas akhirnya kubawa my sams ke Service Center. Mereka bilang kerusakan ini sudah merambat hinggal LCD dan mau nggak mau memang harus diganti karena termasuk dalam kerusakan fatal. 

Sebetulnya aku adalah orang yang gemi loh. Kalau punya barang awet dalam waktu yang lama sesuai dengan masa berfungsinya. Cuma yang ini memang murni kebodohan saya karena berfikir kalau my sams masih tahan air. 

Setelah menunggu tiga hari perbaikan dan mengeluarkan sejumlah uang yang cukup besar, akhirnya aku bisa menggunakan my sams seperti semula (tanpa fingerprint). Ini juga karena my stupidity yang menolak untuk ganti sparepart fingerprint, takut kena scam padahal memang butuh. 😥

Sehari berlalu...

Dua hari berlalu..

Dan di hari ke tiga muncul lah keanehan. Tiba-tiba aku tidak bisa menyentuh layar. Aku sambat ke Tata dan dia pikir aku sedang melakukan hal ekstrem. "Enggak kok, aku lagi scroll whatsapp tiba-tiba dia nggak mau disentuh. Padahal bisa nerima telepon."

Setelah mencari solusi di youtube dan internet, rata-rata menyarankan untuk restart atau factory reset. Factory Reset adalah hal yang paling kuhindari berhubung semua data dan memori my sams belum di-backup dan merupakan keputusan paling akhir yang akan kuambil. Kalau bisa "disembuhkan" tanpa reset kenapa harus di reset? Jangan kayak mas-mas service laptop deh! Dikit-dikit reset dan kelar. KELAR IDUP LO! EMANG LO DIGAJI CUMA BUAT RESET LAPTOP DOANG? (ada dendam pribadi)

Akhirnya aku mencoba untuk menancapkan mouse bluetooth dan berhasil. BERHASIL. Aku menggerakkan kursor di dalam my sams! DAEBAKK! Kemudian aku buru-buru mengatur supaya bisa menancapkan USB ke laptop dan mulai membackup semua foto & video. Malam itu aku tidur jam 1 karena luama banget.

Tapi apakah selamanya aku akan menggunaka mouse untuk mengoperasikan my sams? TENTU TIDAK karena kurang praktis. 

UPDATE!

Alhamdulillah HP ku sudah bener tapi fingerprint nya nggak bisa dipakai. Aku harus kekurangan fleksibilitas untuk membuka dan mengakses aplikasi-aplikasi yang perlu menggunakan sidik jari. Semoga nanti kalau punya rejeki bisa kali upgrade!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH THANKS AND GOMAWO

Diagnosa yang terlalu dini, Alzeimer?

Hi guys~ Selamat datang kembali ke blog amatir ini. Terimakasih sudah meluangkan waktu kalian untuk bergabung dengan gue disini, menuli...