Halaman

Rabu, 25 Februari 2015

[REVIEW] 4minute 'Crazy'


Crazy~
Yeah. I’m comeback~~~~~

Setelah beberapa minggu nggak muncul di blog, banyak hal luar biasa terjadi. Biasanya, setelah lama gue nggak nulis di blog dan draft semakin menumpuk, gue akan malas untuk menyentuh kembali atau bahkan merevisi ulang. Begitu lah hidup, kalau dibawa terlalu serius jadinya malah males.

Kali ini gue akan mereview girl band senior yang comeback setelah waktu yang cukup lama tidak terdengar kabarnya di dunia kpop. Meskipun banyak girl group baru yang bermunculan, tapi group ini masih sangat eksis sampai sekarang. Walaupun menurut temen-temen sesame Kpopers, kalau boyband atau girlband udah merambat** ke Jepang atau Negara lainnya nih, tandanya di negeri asalnya dia kurang dikenal atau mencari pasar lain yang masih bisa dapat kesempatan besar. Padahal menurut gue, nggak gitu amat sih.

Yep, 4minute menjadi girlband pertama yang gue review di tahun 2015. *prokk prokk*. Tepat tanggal 9 Februari kemarin, mereka comeback Mini Album ‘Crazy’ dengan enam sound track yang semuanya menurut gue keren sih. Nah, ada yang berbeda dari kembalinya 4minute setelah sebelum-sebelumnya mereka stuck dengan genre musik yang seperti itu-itu saja dan dance yang sexy seperti biasa. Kali ini mereka memilih untuk menggunakan genre hip-hop. Mungkin karena banyaknya group yang menjual produk hip-hop, jadi 4minute mencoba peruntungan gitu ya. Iyain aja tolong.

Well, penasaran kan gimana jadinya girlband yang selama ini beraliran funky-kpop-reggae mencoba peruntungan baru di genre hip-hop. Gue kadang mikir kenapa sekarang banyak banget bb-gb yang berubah aliran atau mungkin hanya mencoba menjajal genre hip-hop. Sampai-sampai group yang nggak punya basic rap aja berusaha untuk terlihat tetap swag.



First impression gue saat melihat MV ini adalah


“Loh mbak CL?”.

Beberapa komplotan kpopers kelas gue juga mengatakan hal yang sama. Kalau nggak percaya silahkan cek di 00:55 mulai dari situ semuanya terasa seperti ada campur tangan mbak CL di dalamnya, atau mungkin memang yang mengaransemen lagu ini adalah orang yang sama dengan MTBD. Karena sumpah guys, ini lagu kerasa banget sense hip-hop yang ala ala diselipkan instrument timur tengah.

Begitu denger judul lagunya aja gue sudah bisa menebak kalau di dalam lagu ‘CRAZY’ akan ada banyak penggunaan kata michyeo atau crazy, dan benar saja guys ada banyak kata michyeo dan chorom yang diucapkan sebagai main goal. Seakan-akan kita yang mendengar lagu ini akan terhipnotis dan ikut-ikutan bilang michyeo ga chorom. Satu lagi, beberapa artis korea belakangan ini juga banyak yang menggunakan tema ‘gila’ sebagai judul lagu mereka, contoh lah 2PM ‘Go Crazy!’ dan Jonghyun SHINee ‘Crazy’ (Guilty Pleasure).

Agak kaget juga saat melihat 4minute dalam MV hitam putih. Mereka yang biasanya terlihat colorful di mv crazy justru sebaliknya malah bernuansa hitam putih, padahal yang selalu gue nantikan dalam setiap mv 4minute adalah make up mereka yang colorful. Dan karena mv ini hitam putih, gue nggak bisa melihat dimana letak keindahan make up nya. Mungkin biar terasa sense hip-hop nya. Lagi-lagi hip-hop.



Pembagian part masih sama dari yang lalu-lalu, HyunA yang selalu menjadi rap pembuka, Sohyun bagian tengah, Gayoon di bagian nada-nada tinggi memasuki reff, Jiyoon rap bait kedua dan Jihyun yang mendapat part spesial. Yeah, kalau kalian perhatikan Jihyun selalu mendapat part yang beda dan selalu di akhir lagu. Meskipun kadang di tengah-tengah juga, tapi kebanyakan di akhir, contohnya seperti di Volume Up. Faktanya adalah Jihyun mendapat part paling sedikit disetiap lagu 4minute.

Di dalam Mini Album ‘Crazy’ ada enam track yang semuanya asik untuk didengar. Walaupun pada akhirnya gue geleng-geleng kareng nggak ngerti mau dibawa kemana aliran musik ini. Dari keenam lagu, semuanya bergenre hip-hop, tapi ada satu lagu di track terakhir berjudul Cold Rain. Ballad,  dan ketika gue mencoba melihat MV nya.. lagi-lagi gue dibuat kaget,

“Loh 2ne1?”

“Loh Sandara Park?”.

“eeh mbak Park Boom?”.

“Eiiit~~ gue kayak kenal topinya~”.

Ganjil. Gue ngerasa ganjil. Ini pertama kalinya 4minute membuat konsep MV seperti itu. Lagunya bagus, beda jauh sama lagu nya 2ne1, karakternya beda. Tapi kenapa.. ada sesuatu yang membuat kedua MV ini seakan-akan sama. Seakan-akan mbak Jiyoon minjem topinya Sandara. Pokoknya kalau kalian nggak ngeri sama yang gue omongin, silahkan cek MV Missing You dan Cold Rain. Silahkan beri komentar anda.



Ngomong-ngomong tentang comeback, yang selalu gue perhatikan selain make up, klimaks, dan isi dari lagu itu sendiri, adalah gerakan dance. 4minute nggak pernah mengecewakan kalau ditanya tentang koreografi. Kalau mereka biasa dengan konsep yang funky colorful, sekarang gerakan dance mereka heboh banget. Gerakan ala-ala hip-hop juga nggak ketinggalan. Untuk property, topi beggar dengan hiasan nama masing-masing member cukup berbeda sih ya. Ok. Right. Lupakan ini mulai ngelantur.

Disaat musik ala timur mulai berputar, disaat itu pula gerakan jargon Crazy juga dilakukan. Meskipun dance ini lebih terlihat seperti gerakan dayung sampan, tapi kalau yang melakukannya mbak-mbak swag oke, gue nggak akan bilang itu sebagai dance gayung sampan. Jangan lupa tambahan goyang-goyang kepala seperti orang mabok, dan bergoyang seperti nenek-nenek terkena asam urat. Semua itu terlihat keren. Gue akan memasukkan dance crazy by 4minute sebagai list dance cover yang nggak tahu kapan kelar nya.

Gue tertarik untuk mengomentari penampilan masing-masing member. Berhubung gue tidak terlalu mengenal nama-nama mereka (kecuali HyunA yang memang lebih sering muncul di layar kaca pemirsa). Gue mencoba mengingat-ingat setiap nama mereka, karena bagi gue ini adalah hal yang sulit apalagi kalau lo mau menulis sebuah review dan lo nggak tahu nama member satu persatu, lo akan dihujat oleh penggemar mereka. *kelihatan yang udah pernah dihujat sama fandom sebelah ye*.

Pertama gue lihat HyunA di MV crazy, rasanya tidak ada yang berbeda dari solo comeback nya. Rambut panjang, sexy dance, wajah sok sok menggoda, dan satu lagi mata besar sebelah. Gue nggak ngerti ya kenapa HyunA terlihat sengaja dengan gaya one wide eye-nya. Dia bukan orang yang sedang kelilipan atau gagal operasi plastik sehingga matanya besar sebelah, bukan. Sepertinya itu trend yang ingin HyunA sebarkan dipembuka tahun 2015 dan semakin dilihat lagi scene HyunA besar sebelah ini menjadi tidak enak dilihat. Kesannya jadi seperti dibuat-buat. Padahal memang dibuat-buat.


Gayoon adalah salah satu member 4minute yang bertubuh kurus kerempeng. Memang kalau dilihat sekilas, krempengnya nggak kelihatan tapi begitu Gayoon angkat tangan dan memperlihatkan sisi (maaf) ketiaknya, gue jadi semakin sadar kalau ternyata cewek bertubuh kurus itu nggak ada menarik-menariknya. Malah kelihatan ngeri, seperti orang yang nggak pernah dikasih makan, dadanya rata, pinggulnya lurus, dan dagunya lancip. Saat scene Gayoon yang di shooting menggunakan hair style __ itu bener-bener deh kelihatan banget dengan jelas pundaknya kurus hanya tulang dan kulit saja. Tolong lah ya CubeEnt, kurus boleh, tapi asupan gizi juga jangan lupa.


Gue suka banget sama hair style Jiyoon di mv crazy, entah kenapa. Mungkin karena gue yang terlahir dengan rambut keriting dan mengombak, jadi kalau lihat perempuan lain yang rambutny bisa dikibas-kibaskan gue suka iri. Tapi eh tapi, di semua scene mbak Jiyoon , gue nggak menemukan dimana dia diam dan menjaga sikap (?). I mean, di semua part nyanyinya kenapa wajahnya nggak bisa nyantai sedikit? Semuanya serba menyeringai. Bahkan saat dia melakukan gerakan dance.. menyeringai sepanjang lagu.



Sejak gue tahu 4minute, Sohyun jadi member favorit gue setelah HyunA. Bukan apa-apa sih tapi karena wajahnya yang imut dan menurut gue dia mirip sama temen SMP dulu. Konyol, tapi cantik. Kekanak-kanakan tapi sexy. Mungkin efek dari bentuk wajah yang bulat dan chubby, jadi dia nggak kelihatan menua. Dan kali ini Sohyun tidak tampil imut seperti biasanya, kalau rambutnya diurai wajahnya jadi jauh lebih dewasa.



Yang terakhir dan yang paling gue tunggu-tunggu adalah Jihyun. Kalau kalian perhatikan di setiap MV 4minute, mbak Jihyun selalu mendapat part paling sedikit, percaya sama gue. Mungkin karena suaranya yang pas-pasan atau juga karena dia sedikit lebih berisi. Yep, tapi mendingan berisi lah daripada kurus krempeng? Nah, Jihyun ini kadang mendapat part di pertengahan atau antiklimaks dan menurut gue it’s ok wae.



Kembali lagi pada diri masing-masing ya guys, gue lebih menganggap comeback 4minute yang out of the box ini terlalu terburu-buru. Yep, karena meskipun dari keseluruhan genre yang mereka bawakan adalah hip-hop, namun pada kenyataannya banyak lagu yang terdengar ‘maksa’. Ngerti kan apa yang gue maksud maksa? Pembuka track adalah lagu Crazy yang memang sudah kita dengar sebelumnya jadi nggak akan terdengar weird, lalu menuju ke track kedua gue ragu untuk melanjutkannya. Bukan perkara lagunya jelek, tapi mungkin gue yang nggak ngerti gaya bermusik, tapi lagu ini terdengar seperti lagu yang asal dibikin.

You know lah saat kalian dikejar guru buat numpuk tugas laporan dan dimana lo nggak punya ide lagi ditengah-tengan proses pembuatan, alhasil semua yang kalian lihat dan kalian hadapi akan menjadi bahan laporan. Well, mungkin itu juga yang terjadi dengan 4minute saat itu. Mereka dikejar deadline comeback tapi lagu mereka baru ada sebiji dan mereka memutuskan untuk asal-asalan membuat lagu. Ini menurut gue, nggak tahu kalo lo semua, ya. Lagipula gue bukan penggemar 4minute dan disini gue tidak bertujuan untuk menghina siapapun, ok? Hanya sebuah opini. Apalah pengaruhnya komentar gue, gitu kan??

Kemungkinan terbesar lagi mengapa 4minute tetap mencantumkan (?) Cold Rain di track terakhir adalah, benar- benar hilangnya semangat 4minute untuk membuat lagu. Ya daripada sealbum isinya dentingan-dentingan lagu tidak berirama, lebih baik menyisipkan kembali lagu lama, bukan? Ternyata keputusan itu lah yang membuat gue untuk kepo dengan MV Cold Rain yang disebut-sebut copy paste dari Missing You nya 2NE1.

Tiba-tiba gue teringat track ke 3 mereka, 간지럽혀. Begitu mulai langsung suara HyunA, “Uuulala,”. Serius gue kaget. Apakah mbak Syahrini sudah pindah agensi ke Cube Entertainment? Atau memang HyunA terinspirasi dari tingkah-tingkah tante Syahrini yang ngetop di instagram? Hanya Tuhan yang tahu.

Kalau menurut kalian gue membahas MV ini terlalu terburu-buru dan langsung pada inti permasalahan, gue minta maaf karena sepertinya gue sedang kehilangan semangat untuk menulis review. Ditambah lagi banyak hal yang harus gue lakukan di sekolah, sepulang sekolah, dan Mami yang harus dibantu. Efeknya gue jadi mager. Hhhh. Kalau ada salah-salah tulis gue mohon maaf, semoga kalian tetap menyukai review ini. YEEEP!!

GONG XI FAT CAI

bonus pict






 THANK YOU

1 komentar:

  1. Gsuka cara penyampaiannya kaya ga respect sama 4m ya ya walaupun telat sih udah bubar jg 4mnya hehe

    BalasHapus

TERIMAKASIH THANKS AND GOMAWO

Diagnosa yang terlalu dini, Alzeimer?

Hi guys~ Selamat datang kembali ke blog amatir ini. Terimakasih sudah meluangkan waktu kalian untuk bergabung dengan gue disini, menuli...